Jumat, 16 September 2011

18 Alasan Menggunakan Media Sosial

18 Reasons to Use Social Media
By : Lisa Barone
Saat ini media sosial seperti Twitter dan Facebook tidak hanya digunakan untuk menjalin pertemanan saja, tetapi bagi sebagian orang digunakan untuk berwirausaha. Tetapi media sosial ini tidak hanya untuk mencapai puncak kesuksesan usaha bisnis anda, tetapi juga bisa membuat perusahaan anda menjadi lebih baik dengan memungkinkan anda mendengarkan, bereaksi, berusaha secara efisien dari sebelumnya. Dalam artikel ini akan dibahas 18 alasan menggunakan media sosial untuk berwirausaha.
Hal-hal yang bisa diperoleh dari media sosial, antara lain :
1.       Visibilitas, media sosial dan blogging bisa menmbantu kita untuk lebih dekat dengan pelanggan, melalui percakapan atau komentar-komentar, bertukar pikiran sehingga para pelanggan akan selalu ingat kepada kita dan produk kita.
2.       Jadikan diri anda sebagai sumber daya, semua orang bisa mengandalkan perusahaan anda dalam mencari sesuatu yang dibutuhkan pelanggan.
3.       Menyelenggarakan acara talkshow dengan mudah, dengan media sosial anda bisa menjadi penyelenggara dan penyedia narasumber.
4.       Membangun komunitas, membentuk jaringan baru untuk memperkuat komunitas untuk saling berbagi informasi, bertemu satu sama lain, berdialog secara mendalam.
5.       Mengurangi waktu untuk konversi, para pelanggan sudah mempercayai anda, menganggap anda sebagai teman dan merasa nyaman untuk bertransaksi hanya melalui Twitter atau Facebook.
6.       Sorot produk anda, anda bisa menyorot produk anda melalui percakapan dengan pelanggan tanpa terkesan berpromosi, dan sebaiknya anda menyediakan layanan bantuan untuk membantu pelanggan lebih mengenal produk anda.
7.       Mencari proyek dan klien baru, para pelanggan menghubungi kita karena mereka menyukai apa yang kita lakukan di Twitter atau membaca posting blog kita sehingga anda akan menerima rujukan klien baru.
8.       Bergaul dengan orang-orang berpengaruh, media sosial memungkinkan anda menjadi teman dari orang yang dijadikan contoh oleh pelanggan.
9.       Ceritakan kisah tentang perusahaan anda, dengan menceritakan hal ini dengan pengguna atau pelanggan maka anda akan menumbuhkan perasaan tersendiri dan membuat mereka merasa berinvestasi dalam kesuksesan anda.
10.   Jadilah penasihat, anda bukan hanya satu-satunya pengguna media sosial untuk membentuk jaringan dan bertemu orang-orang, kadang-kadang anda menjadi orang yang dicari untuk bertemu dan belajar dari anda.
11.   Meningkatkan kemampuan menulis anda, memasuki dunia media sosial akan memaksa anda memberikan informasi atau menghibur  orang lain yang secara tidak langsung membuat anda berlatih menulis.
12.   Mengembangkan ide-ide yang lebih baik, media sosial akan menciptakan umpan balik dari ide anda sebelumnya berdasarkan apa yang mereka sukai, benci dan inginkan sehingga bisa menciptakan ide baru yang lebih bagus.
13.   Jaringan lebih cepat, melalui media sosial anda bisa melakukan komunikasi dengan orang-orang tersohor.
14.   Menemukan mitra, melalui media sosial memungkinkan anda bertemu dengan mitra di masa depan, penasihat, teman-teman yang akan membantu anda meningkatkan bisnis anda.
15.   Mendapatkan jawaban lebih cepat, anda bisa membangun jaringan orang-orang yang dapat membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan anda dengan lebih cepat.
16.   Membuat media penyimpanan sumber daya, anda bisa memperoleh artikel yang menarik, atau informasi dan tutorial yang dapat anda simpan yang mungkin akan berguna di masa depan.
17.   Mengembangkan budaya perusahaan anda sendiri, anda bisa menciptakan keramahan, suka membantu, layanan pelanggan yang mudah menjadi budaya dalam perusahaan anda.
18.   Perekrutan pegawai lebih mudah, media sosial membantu anda mendapatkan calon pekerja yang anda inginkan dengan sangat mudah.

0 comments:

Posting Komentar